Minggu, 27 Januari 2013

Belajar Android #1 APK TOOL

~Cara Menggunakan APK TOOL ~


You..
Assalamualaikum.

 kali ini ane bakal share salah satu ilmu dasar dalam Oprek meng-Oprek dalemannya android. Apa itu APK TOOL? Bagi yang belum tau bakal ane jelasin sedikit yah. APK Tool adalah aplikasi atau tool atau alat yang biasa digunakan para Droider yang doyan ngedit atau sering kita sebut Ngoprek sebuah  .APK, dari ganti Theme sampe ganti Icon di Status Bar HH (Hand Held) kita. Menggunakan tool ini termasuk level Advance, alias jika salah - salah mengedit bisa membuat HH kita bootloop (kondisi dimana HH kita stcuk di Bootanimation, ga mau masuk Home Screen).

Sebenarnya bisa mengedit daleman sebuah APK bisa tanpa menggunakan APK TOOL yaitu dengan membukanya dengan aplikasi 7Zip, dengan tidak mengekstraknya melainkan hanya melihat, namun jika dengan cara itu tidak semua file dapat terbuka, seperti file .smali. 

Okeh, berikut adalah cara penggunaan dari APK TOOL :

1. BIasanya pertama kali menggunakan APK TOOL kita harus mendeklarasikan Source dari APK yang ingin kita edit dalemannya. Dibutuhkan 2 APK yaitu Framework-res.apk dan TWFramework-res.apk, keduanya terletak di dalam folder System/framework. Copy kan kedua fille itu ke dalam folder APK TOOL yang telah di ekstrak (APK Tool nya bisa ente cari sendiri di Google, atau nanti bakal ane sedain disini. Link menyusul), lalu klik 2 kali pada command prompt yang ada di dalam folder. Setelah itu ketikkan : 'apktool if framework-res.apk', tunggu hingga muncul pernyataan berhasil. Lakukan hal yang sama dengan TWFramework-res.apk, ketikkan : 'apktool if twframework-res.apk'.
Saat Pendeklarasian Framework

Pastikan kedua file APK tersebut berasal dari sumber ROM/Custom ROM yang sama, agar tidak terjadi error pada saat compile dan de-compile. Alasan lain adalah karena beberapa APK system lain seperti Settings.apk mengambil dari beberapa Resource yaitu Framework bersaudara.

2. Pengcompilan APK yang mau kita edit .xml atau dalemannya. Maka buka kembali command prompt tadi, lalu ketikkan 'apktool d SystemUI.apk'. Disini ane menggunakan systemui.apk sebagai contoh, karena bagian inilah yang paling sering dioprek oleh para droider dan juga lebih mudah untuk pemula dalam mempelajari system Android. Setelah muncul bla.. bla.. bla.. lalu Done, akan muncul sebuah folder dengan nama yang sama dengan APK yang ingin kita oprek.


Ini adalah gambarnya








3. Setelah selesai mengedit, entah itu gambar atau .xml, kembali masuk ke command prompt lalu ketikkan 'apktool b systemui'. Disini pengetikkannya tanpa menggunakan .apk. Setelah bla.. bla.. bla.. Done, nanti akan muncul 2 folder baru di dalam folder Systemui tadi, yaitu 'build' dan 'dist'. Nah setelah ini kita akan melakukan 'Drag and Drop'. Buka APK yang asli dengan aplikasi sejenis Winrar, disini ane menggunakan 7Zip karena gratis, heheh. Minimize yang tadi, lalu lakukan hal yang sama pada APK yang sudah di edit yang berada di dalam folder Dist. Drag 'AndroidManifest.xml' dari APK yang belum di edit ke dalam APK yang ada di folder DIst. Lakukan hal yang sama dengan folder 'META-INF'. Jika ada warning pilih 'yes'. Disini dengan catatan bahwa ente tidak mengedit 'AndroidManifest.xml', karena jika agan mengeditnya, ente harus melakukan Sign APK dengan perintah atau Code khusus. Jadi disarankan jangan mengedit atau merubahnya jika agan tidak tahu apa yang dilakukan :D Jika agan tidak mengedit atau merubah hingga ke bagian file  .smali, ente tinggal lakukan Drag classes.dex, resource.arsc dari folder build ke APK yang asli (yang belum di edit).
Ini adalah proses Re-compile


Build dan Dist folder
4. Ini adalah tahap akhirnya. Yaitu bagian mempush/ memasukkan kembali APK yang udah ente edit dalemannya ke dalam HH ente. Disini ada 2 cara, pertama dengan ADB dan kedua dengan manual menggunakan aplikasi RootEx (Root Explorer). Penjelasan ADB akan ane jelasin di posting berikutnya ajah ya, udah mumet nih :D. Okeh kalo menggunakan ROotEx udah ane sediain disini, atau kalo ga bisa silahkan buka posting ane yang sebelumnya yah :D Oia untuk menggunakan aplikasi ini HH ente harus udah di Root. Udah di donlot? sekarang copy APK yang tadi udah di edit ke SD Card ente, lalu buka aplikasi RootExnya, masuk ke folder sd card lalu teken agak lama hingga muncul pilihan copy. Sekarang tinggal kilik back beberapa kali hingga ke posisi awal. Lalu pilih folder system->app-> taruh APK nya disini. Selesai? tinggal Reboot HH ente, dan Taraa..!! Nikmati hasilnya :D

Donlot peralatan disini : Hey Opan!
How to Use?
->donlot dan taruh dimana aja yang agan suka.
->ekstrak di sebuah folder, terserah agan.
->pilih command proomptnya yang ada di dalam folder, jangan command prompt yang asli (Windows punya).
->biar gampang jalanin APK Toolnya, edit Path nya aja :D(kalo bisa).


Okeh, mungkin sekian dulu share ane kali ini. Kurangnya ane mohon maap ye :D Semoga bermanfaat bagi agan yang membutuhkan. Akhir kata.. 

Wassalamualaikum

Best Regards ==> OpanDroid

All Rights Reserved (Pos pertama diamankan)

Sumber : Official Shuvit Facebook, Google.Inc 
Silahkan Share dan Copas, tapi mohon cantumkan Link menuju OpanDroid.. Okeh!