Selasa, 07 Mei 2013

CARA AMPUH MEMFLASHING ULANG GALAXY YOUNG GT-S5360 A.K.A TOTORO

Assalamualaikum...

Hai, akhirnya bisa dapet waktu juga buat bikin artikel baru. (padahal dari kemarin banyak waktu nganggur -_- hehe).
Oke langsung aja, yang mau ane share kali ini adalah bagaimana cara melakukan flash ulang galaxy young agan, atau bisa disebut juga flashing stokrom ke totoro agan. Banyak alasan mengapa orang melakukan flashing ulang. Mulai dari soft brick, hard brick, ingin pasang cusrom baru dan sebagainya. Kalau untuk ane sendiri ya karena ini permintaan cewe ane yang pengen hh nya dibalikin ke pabrikn, soalnya ane ga punya young, hehehe. 

Dari sekian banyak tutor yang ada di Google tidak ada tutor yang ampuh untuk memflashing ulang young ane. Ketika ane menerapkan berbagai tutor yang ada di Google, ane mengalami mulai dari bootloop, stuk di layar hitam (setelah bootanim), hhnya getar sendiri (seperti hardbrick), sampai hanya masuk HS lalu reboot kembali. Maka dari itu, ane akan share bagaimana caranya memflashing ulang tanpa harus mengalami apa yang ane alami. Insya Allah tutor ini juga berhasil di hh agan, aamiin. Banyak juga saran dari para Droider yang menyarankan untuk mengganti firmware yang lebih lama misalnya seperti menggunakan DXLL1 atau firmware yang lebih lawas lainnya, mereka bilang itu lebih ampuh. Lalu ane berfikir, buat apa firmware terbaru di release kalau ga digunakan untuk memflashing? Saran tersebut ane tolak dan akibat dari trial error yang telah ane lakukan, ketemulah tutor ampuh ini. Langsung saja kita menuju tutornya.

Sebeleum kita memulai flashing, mari lakukan beberapa hal ini :
  1. Nonaktifkan sementara antivirus yang terinstal di laptop atau PC agan, karena ditakutkan antivirus agan akan menganggap file-file yang akan kita gunakan seperti ODIN sebagai virus. Cara ini cukup ampuh, sebab saat ane baru mulai melakukan flashing ulang young ane, ane mengalami stuk di tulisan "Setup Connection".
  2. Download ODIN-nya disini here.
  3. Download firmware yang agan butuhkan, kalau ane sendiri lebih memilih mendownload di situs resmi samsung, yakni samfirmware.com. Agan tinggal ketikkan code device agan dan disana akan muncul list firmware agan dari berbagai negara, tinggal pilih fw mana yang mau agan pakai. Kalau ane sendiri pilih Indonesia ya sebabnya sudah dijelaskan tadi (cewe ane :D). Tapi sebelum mendownload, agan harus Login dahulu jika sudah mempunyai akun samsung, jika belum agan harus melakukan Register, caranya cukup simple ko.
  4. Download tool pemecah firmwarenya disini here. Namanya Odinatrix, tool ini berguna saat di tutor nanti.
  5. Download CWM dari Madteam here. CWM ini diperlukan jika terjadi booloop yaitu dengan melakukan wipe data dan cacher. Sebenarnya ini bisa dilakukan dengan stok CWM (CWM aslinya), namun saran dari Droider lain, CWM modding lebih ampuh sebab sudah dilakukan penambahan fungsi.
  6. Persiapkan hh agan dengan baterai minimal 50% daya. Tidak perlu muluk-muluk hingga 90% yang penting dia bisa menopang dirinya untuk melakukan booting.
  7. Berdoa semoga berhasil dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Berikut adalah Tutornya, segala kerusakan dan hal-hal lain yang tidak diinginkan menjadi tanggung jawab pemilik devicenya. Jika terjadi sesuatu dengan device agan, ane akan mencoba sebisa ane untuk membantu memperbaiki.

  1. Setelah semua bahan didownload, pertama yang agan lakukan adalah memasukkan galaxy young agan ke mode download. Caranya dengan mematikan young agan terlebih dahulu. Tunggu hingga benar-benar mati dan layar berwarna hitam bukan abu-abu. Jika sudah tekan tombol volume down (-), home (tombol tengan), dan power (yang ada disebelah kanan ) secara bersamaan. Tapi jangan terlalu lama menekan tombol power, jika sudah muncul first bootanim lepaskan tombol power dengan tombol lain masih ditekan, hingga muncul 2 pilihan tekan vol up (+) dan vol down (-). Tekan vol up (-) untuk masuk sepenuhnya ke mode download. Sambungkan young agan ke laptop  atau PC menggunakan kabel data .(kabel data apapun tidak masalah asal sesuai dengan lubang yang tersedia di young agan, dan kondisi kabel datanya masih bagus). Pastikan  hingga terdetek di ODIN (di kolom ID:COM)
  2. Persiapkan laptop atau PC agan dengan telah membuka aplikasi ODIN. Ane sarankan menggunakan ODIN3.07 sebab ane berhasil memflashing ulang dengan menggunakan ODIN tersebut.
  3. Buka tool pemecah fwnya. Lalu taruh fw yang sudah didownload kedalam foldernya. Terdapat beberapa folder disana, tinggal taruh diluarnya saja.
  4. Sebenarnya agan tidak usah repot-repot untuk memecah filenya, tinggal cari saja fw yang multifile, namun yang disediakan di situs resmi samsung hanya yang berbentuk one file. Dan ane pun tidak pernah berhasil dengan mendownload fw yang langsung multifile, justru setelah ane memecah yang one file, proses flashing ulang berjalan lancar.
  5. Hasil pecahannya ada di folder output. Disana akan ada 4 file.
  6. Kembali ke ODIN, yang tercentang disana hanya Auto reboot dan F.Reset Time, lalu masukkan file totoro.pit yang sudah ane sertakan di folder ODIN lainnya. Nah setelah memasukkan file totoro.pit ini, Re-Partition akan otomatis tercentang. Hilangkan tanda centangnya jadi hanya 2  centnang yang terdapat disana. Ane tidak tahu alasan mengapa re-partition tidak boleh dicentang, kalau agan penasaran tinggal cari di Google yah.
  7. Di kolom bootloader masukan fw aslinya( yang belum di pecah) jangan mengambil yang dari folder output sebab diane gagal dengan cara itu. Yang terpakai di folder output hanya 3 file, yakni CSC, Modem, dan PDA. Nah dikolom berikutnya agan tinggal masukan saja sesuai namanya. Untuk Phone = Modem. Di kolom Message akan ada keterangan pengecekan MD5sum dari file-file yang agan masukan. Jika terdapat keterangan invalid, berarti ada file yang salah atau rusak.
  8. Setelah semuanya siap, klik Start, dan agan tinggal menunggu sambil berdoa semoga lancar.
  9. Jangan cabut kabel data dari young agan sebelum muncul tanda PASS berwarna hijau di ODIN!! sebab bisa menimbulkan hardbrick. Youngb agan akan reboot dengan sendirinya.
  10. TARAAA... ENJOOY YOUR NEW FIRMWARE >>>>:D

Jika terjadi Bootloop :
  • shut down young agan, lalu masukkan ke dalam mode recovery dengan menekan tombol vol up (+), home, dan power. Setelah terlihat fisrt bootanim lepaskan tombol power sambik masih menekan tombol lainnya.
  • Pilih wipe data lalu wipe cache secara bergantian. Lakukan hal ini beberapa kali untuk memastikan.
  • Pilih Reboot now dan HH agan akan restar dengan sendirinya.
  • Jika masih mengalami bootloop matikan young agan kembali, lalu masukkan file. zip cwm dari Madteam. Lakukan kembali langkah pertama. Jika sudah masuk pilih Apply form SD Card, agan tinggal pilih file .zip taid dan young agan akan masuk ke CWM yang sudah di modding. Lakukan langkah ke 2. Setelah itu pilih mount and storage. Disini agan harus hati-hati sebab terdapat pilihan untuk memformat SD card agan.
  • Pilih format data, format system dan format cache. Bagi yang belum tahu cara menggunakan CWM yakni dengan menggunakan tombol vol up untuk ke atas, dan vol down untuk sebaliknya, lalu home untuk memilih, dan power untuk Back/ kembali.
  • Jika sudah pilih reboot now. Jika masih mengalami bootloop, matikan young agan untuk sementara sekitar 3-4 jam, ini diperlukan untuk adaptasi young agan terhadap firmware barunya.
Sekian untuk share ane kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi agan-agan semuan. Segala kritik, saran, dan komentar bisa tinggalkan di komentar dan ChatBox. Untuk segala kekurangan ane mohon maaf, akhir kata...

Wassalamualaikum...

Best Regard==> OpanDroid; Droiders galaxy young.