Sabtu, 09 Maret 2013

JENIS PENYAKIT KELENJAR TIROID

Assalamualaikum...

Hai, kali ini ane bakal share "Apa itu Kelenjar Tiroid dan Jenis Penyakitnya". Penyakit ini tergolong berbahaya, walaupun tidak sampai efek mematikan. Dan karena Ibu ane sedang sakit dan mengidap salah satu penyakit ini, makanya ane share ini :D. Semoga cepet sembuh ya Ibu :(

Kelenjar Tiroid atau yang sering disebut dengan Tiroid saja merupakan kelenjar terbesar dari kelenjar-kelenjar yang lainnya jika dibandingkan dengan ukurannya. Letak dari Kelenjar Tiroid ini terdapat pada bagian dalam leher, menempel pada Trakea dibawah Laring. Kelenjar ini mengandung hormon tiroksin dan triodotrionim. Kedua hormon tersebut berpengaruh pada pertumbuhan, perkembangan, serta laju metabolisme. untuk menghasilkan kedua hormon tersebut, kelenjar tiroid giat menyerap Yodium dari darah. Jika makanan yang kita konsumsi tidak cukup mengandung yodium, maka mengakibatkan kelenjar tiroid tidak mampu memproduksi hormon tiroid.

Berikut adalah beberapa penyakit yang berhubungan dengan Kelenjar tiroid :

  • GONDOK
Gondok adalah pembesaran kelenjar Tiroid. Orang yang dengan Tiroid membesar dapat memiliki fungsi kelenjar yang normal (eutiroidisme). Penyakit gondok seringkali diakibatkan oleh peningkatan sekresi hormon triotopik kelenjar pituitaria dalam responnya terhadap penurunan kadar hormon tiroid dalam sirkulasi. Pembesaran tiroid ini juga bisa diakibatkan dari proses infiltratifyang dapat berupa radang atau neoplastik. Pada beberapa wanita yang sedang hamil juga bisa mengalami pembesaran kelenjar tiroid ini. Namun kondisi tersebut akan pulih dengan sendirinya setelah melahirkan. Pembekakan atau pembesaran kelenjar tiroid ini ditandai dengan munculnya benjolan di tengah atas leher depan, di tempat kelenjar gondok/ tiroid berada. Umumnya, penderita pembesaran kelenjar tiroid ini mudah gugup dan jantung terasa berdebar-debar.

  • KRETINISME
Penyakit Kretinisme adalah merupakan akibat dari kekurangan tiroksin. Penyakit kretinisme ditandai dengan tubuh yang berukuran pendek dan gemuk (kerdil). serta memiliki tingkat intelegesi yang rendah (keterbelakangan mental). 

  • MIKSEDEMA
Miksedema adalah penyakit kekurangan tiroksin pada tubuh orang dewasa. Penyakit miksedema ini ditandai dengan gejala tubuh yang mulai lesu, terjadi kelebihan berat badan, kebotakan, denyut nadiyang lemah, temperatur tubuh yang rendah, serta kulit yang terasa kasar.

  • STRUMA
Struma adalah penyakit yang disebabkan oleh pembesaran yang terjadi pada kelenjar tiroid atau gondok. Penyebab dari struma ini antara lain adalah adanya peradangan tumor atau juga bisa  disebabkan karenaa kekurangan yodium. Penyakit Struma ini biasanya menimbulkan benjolan pada leher bagian depan. 

Berikut adalah beberapa gejala-gejala penyakit Kelenjar Tiroid:

HipertiroidismeHipotiroidisme
Denyut jantung yg cepatDenyut nadi yg lambat
Tekanan darah tinggiSuara serak
Kulit lembat & berkeringat banyakBerbicara menjadi lambat
GemetaranAlis mata rontok
GelisahKelopak mata turun
Nafsu makan bertambah disertai penambahan berat badanTidak tahan cuaca dingin
Sulit tidurSembelit
Sering buang air besar & diarePenambahan berat badan
LemahRambut kering, tipis, kasar
Kulit diatas tulang kering menonjol & menebalKulit kering, bersisik, tebal, kasar
Kulit diatas tulang kering menebal & menonjol
Mata membengkak, memerah & menonjolSindroma terowongan karpal
Mata peka terhadap cahayaKebingungan
Mata seakan menatapDepresi
KebingunganDemens

Sekian dulu share ane kali ini. Segala kritik, komentar dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar atau ChatBox ya. Kurangnya ane mohon maaf. 
Akhir kata...

Wassalamualaikum...

Best Regards==> OpanDroid
Sumber : source

Silahkan Share dan Copas, tapi mohon cantumkan link menuju ke opan droid.